Ninjutsu Seni Beladiri Ninja Asal Jepang

Ninjutsu.eu.org-Ada yang suka Anime Naruto? Ya Anime tentang ninja yang sangat populer dari Jepang. Di anime tersebut diperlihatkan bagaimana para ninja menggunakan tehknik Ninjutsu, Taijutsu, Genjutsu, dan masih banyak lagi. Sangat keren untuk dilihat hehe.



Di dunia nyata ninja asli tentu ada, ya walaupun tidak bisa mengeluarkan Kyubi dan Jubi lainnya. Akan tetapi seni beladiri Ninjutsu benar-benar ada dan bisa kita pelajari.

Gerakan beladiri ninjutsu hanya tendangan, lemparan, patahan, dan serangan. Kemudian dilengkapi dengan teknik pertahanan diri seperti bantingan, rolling dan teknik bantu seperti meloloskan diri, mengendap, dan teknik khusus lainnya.
Namun, dalam prakteknya ninja menghindari kontak langsung dengan lawannya, oleh karena itu berbagai alat lempar, lontar, tembak, dan penyamaran lebih sering digunakan.
Berbeda dengan seni beladiri lain. Ninjutsu mengajarkan teknik spionase, sabotase, melumpuhkan lawan, dan menjatuhkan mental lawan. Ilmu tersebut digunakan untuk melindungi keluarga ninja mereka.

Apa yang dilakukan ninja memang sulit dimengerti. Pada satu sisi harus bertempur untuk melindungi, di sisi lain ninja harus menerapkan “berperilaku kejam dan licik” saat menggunakan jurus untuk menghadapi lawan. Disisi lain ajaran ninpo memberi petunjuk bahwa salah satu tujuan ninjutsu adalah mengaktifkan indra keenam mereka. paduan intuisi dan kekuatan fisik pada jangka waktu yang lama memungkinkan para ninja untuk mengaktifkan indra keenamnya. Sehingga dapat mengenal orang lain dengan baik dan mengerti berbagai persoalan dalam berbagai disiplin ilmu.

NINJUTSU


Ninjutsu (忍術) kadang-kadang dapat diganti dengan kata menjadi ninpō (忍法) adalah seni bela diri, strategi, dan taktik di medan perang dan gerilya yang dilakukan oleh shinobi (juga disebut di luar negara Jepang sebagai Ninja). Ninja Wanita disebut Kunoichi. Saat ini ada beberapa gaya modern dari seni bela diri ini, menurut Koryu.com, tidak semua variasi tersebut berhubungan dengan sejarah ninjutsu di Jepang yang dulu disebut dengan koryu.

Sejarah Ninjutsu


Shinobi atau Ninja ( Seseorang yang bergerak secara rahasia ) adalah seorang pembunuh yang terlatih dalam seni ninjutsu jepang. Ninja, seperti samurai, mematuhi peraturan khas mereka sendiri, yang disebut ninpo. Menurut sebagian pengamat ninjutsu, keahlian seorang ninja bukanlah pembunuhan tetapi penyusupan. Ninja berasal dari bahasa Jepang yang berbunyi Nin yang artinya menyusup. Jadi, keahlian khusus seorang ninja adalah menyusup dengan atau tanpa suara. Kagetora, Naruto, Ninja Rantaro, adalah contoh kecil manga yang mengangkat ninja sebagai tema utamanya. Apa ninja itu? Sama seperti yang dikisahkan dalam berbagai cerita bahwa ninja itu penuh rahasia. Ninja biasanya segera dikaitkan dengan sosok yng terampil beladiri, ahli menyusup dan serba misterius seperti yang tampak di dalam film atau manga. Dalam kenyataannya penampilan ninja yang serba hitam ada benarnya, namun jika ada anggapan bahwa ninja identik dengan pembunuh brutal, berdarah dingin, pembuat onar, tukang sabotase, tidak demikian adanya.

Kata ninja terbentuk dari dua kata yaitu nin dan sha yang masing-masing artinya adalah tersembunyi dan orang. Jadi ninja adalah mata-mata profesional pada zaman feudal jepang. Sejarah ninja juga sangat sulit dilacak. Info mengenai keberadaan mereka tersimpan rapat-rapat dalam dokumen-dokumen rahasia. Ninja juga bisa diartikan sebagai nama yang diberikan kepada seseorang yang menguasai dan mendalami seni bela diri ninjutsu. Nin artinya pertahanan dan jutsu adalah seni atau cara. Kata ninja juga diambil dari kata ninpo. Po artinya adalah falsafah hidup atau dengan kata lain ninpo adalah falsafah tertinggi dari ilmu beladiri ninjutsu yang menjadi dasar kehidupan seorang ninja. Jadi ninja akan selalu waspada dan terintregasi pada prinsip ninpo.

Ninja dalah mata-mata profesionl di jaman ketika para samurai masih memegang kekuasaan tertinggi di pemerintahan jepang pada abad 12. Pada abad 14 pertarungan memperebutkan kekuasaan semakin memanas, informasi tentang aktifitas dan kekuatan lawan menjadi penting, dan para ninja pun semakin aktif. Para ninja dipanggil oleh daimyo untuk mengumpulkan informasi, merusak dan menghancurkan gudang persenjataan ataupun gudang makanan, serta untuk memimpin pasukan penyerbuan di malam hari.karena itu ninja memperoleh latiham khusus. Ninja tetap aktif sampai jaman edo (1600-1868), dimana akhirnya kekuasaan dibenahi oleh pemerintah di zaman edo.


Pelatihan Ninjutsu


Pada saat anak-anak ninja telah dilatih untuk waspada dan dididik dalam kerahasiaan dan tradisi ilmu mereka. Pada umur 5-6 tahun mereka diperkenalkan dengan permainan ketangkasan dan keseimbangan tubuh. Anak-anak disuruh berjalan diatas papan titian yang sangat keci, mendaki papan yang terjal, dan melompati semak-semak yang berduri. Pada umur 9 tahun mereka dilatih untuk kelenturan otot. Anak-anak berlatih berguling dan meloncat. Setelah itu anak-anak diajarkan teknik memukul dan menendang pada target jerami yang di ikat. Setelah itu pelatihan meningkat ke seni bela diri tanpa senjata dan setelahnya dasar-dasar menggunakan pedang dan tongkat.
Pada masa remaja mereka diajari cara menggunakan senjata khusus. Melempar pisau, penyembunyian senjata, teknik tali, berenang, taktik bawah air, dan teknik menggunakan alam untuk mendapat informasai atau untuk menyembunyikan diri. Waktu mereka dihabiskan dalam ruang tertutup atau bergelantungan di pohon untuk membangun kesabaran, daya tahan, dan stamina. Terdapat pula latihan gerak tanpa suara dan lari jarak jauh. Mereka juga diajarkan teknik melompat dari pohon ke pohon atau atap ke atap.

Pada masa akir remaja ninja belajar menjadi aktor dan psikologi melalui tingkah laku mereka sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Mereka mulai mengerti cara bekerja jiwa manusia, menggunakan kelemahan orang lain untuk keuntungan mereka. Mereka juga belajar membuat obat-obatan, mendapatkan jalan masuk rahasia ke dalam sebuah bangunan, cara memanjat dinding, melewati atap, mencuri di bawah rantai, mengikat musuh, cara kabur, dan menggambar peta, rute, petunjuk jalan, serta wajah.

18 Tingkat Ilmu Ninjutsu

1. Seishin teki kyoyo (pemurnian jiwa)
Seorang ninja harus mengetahui dengan tepat komitmen dan motivasi hidupnya.Keterlibatan ninja dalam pertarungan dimotivasi oleh alasan untuk melindungi. Tidak dibenarkan jika alasannya semata-mata hanya karena uang.

2. Tai jutsu (bertarung dengan tangan kosong)

3. Ninja ken (pedang ninja)
Pedang ninja adalah pedang pedek lurus bermata tunggal.Untuk menggunakan pedang dituntut dua keahlian utama yaitu ilmu menarik pedang (dg kecepatan namun halus gerakannya ) sekaligus mengayun untuk memotong.



4. Bo jutsu (jurus tongkat dan bilah)

5. Shuriken jutsu (senjata lempar)
Senban shuriken (bermata empat) dilempar dengan cara dipuntir agar bisa menancap dan memberi efek gergaji. Bo shuriken (seperti pisau) dilempar bersamaan beberapa buah sehingga terlihat seperti kilatan jarum.



6. Yaari jutsu (jurus tombak)
Digunakan untuk menyerang musuh dalam jarak sedang. Dan untuk menangkis dan meredam serangan.

7. Naginata jutsu (jurus pedang bertongkat)
Pedan pendek yang diberi tongkat seukuran tombak. Untuk mengaahkan samurai dan pasukan berkuda.

8. Kusari gama (jurus rantai dan bandul)
Berupa rantai sepanjang 2-3 meter yang diberi bandul pada salah satu ujungnya. Pada ujung yang lain dikaitkan pada gagang arit tradisional jepang. Rantai digunakan untuk menangkis serangan senjata lawan.sedangkan bilah arit digunakan untuk menghabisi lawan yang sudah terjerat.



9. Henso jutsu (ilmu menyamar dan membaur)

10. Shinobi iri (ilmu mengintai dan menyusup)
Ilmu ini mengajarkan bergerak tanpa suara dan bersembunyi di bawah bayangan.

11. Ba jutsu ( Ilmu bertarung menggunakan Kuda)

12 Sui Ren (ilmu tempur dalam air)
Meliputi teknik mengintai dengan cara berenang, bergerak tanpa suara dalam air, cara menggunakan perahu khusus untuk mengapung dalam air, dan teknik perkelahian dalam air.

13. Bo Ryaku (ilmu strategi)

14. Cho Ho (ilmu spionase)
ilmu mata-mata termasuk merekrut dan memakai orang yang digunakan sebagai mata-mata.

15. Nton jutsu (teknik meloloskan diri dan menghilang)
Memnafaatkan alam untuk meloloskan diri.

16. Ten mon (meteorologi)
memanfaatkan cuaca juga merupakan senjata utama ninja. Sejak kecil mereka dilatih mengendalikan cuaca dari tanda-tanda alam yang kecil.

17. Chi Mon (geografi)

18. Kayaku Jutsu (Ilmu peledakan dan pembakaran)
Para ninja sangat ahli dalam penempatan, waktu, dan merakit dan instalasi sistem penghancur, baik itu menggunakan sistem ledak atau pembakaran.

Teknik Ninjutsu Dan Taijutsu


1. Teknik Taijutsu dan Prinsipnya

Taijutsu adalah teknik tubuh dan tangan ke tangan keterampilan ninja. teknik taijutsu tidak memerlukan segel tangan melainkan didapatkan setelah latihan keras. paduan dari ilmu daken taijutsu(pukul, tendng, tangkis), ju taijutsu(gumul, mencekik, meloloskan dari kuncian), taihen jutsu(gerak tanpa suara, berguling, melompat, cara jatuh). Keterampilan ini di perlukan pada situasi terancam atau bertahan.

Taijutsu - Teknik tangan kosong pada aikido diantaranya meliputi kokyu waza (teknik pernapasan), katame waza (teknik kuncian), nage waza (teknik lemparan) dan suwari waza ( teknik duduk).

Teknik-teknik tersebut dilatih dengan prinsip- prinsip aiki:


  • Prinsip non resistan dimana penggunaan tenaga dan pergerakan dilakukan dengan seminim mungkin tetapi menghasilkan hasil yang maksimal.
  • Ki musubi - bersatunya uke (penyerang) dan shime (yang diserang).
  • Penggunaan meguri (energi spiral dalam tubuh).
  • Ma-ai - penggunaan jarak antar partner.


a. Teknik Pernafasan
Tehnik pernafasan dalam ninjutsu adalah dengan menggunakan  pernafasan dada, mengambil nafas dari hidung, tahan dan keluar dari mulut dengan disertai simbol-simbol tangan tertentu.

b. Teknik Kuda-kuda
Teknik Kuda-kuda adalah teknik dasar dalam beladiri yaitu posisi kaki dan tubuh atau sikap siap untuk melakukan gerakn menyerang maupun bertahan, teknik Kuda-kuda dalam ninjutsu hampir sama dengan teknik beladiri lainnya namun lebih mudah dan tidak banyak tekinik seperti whusu ( kungfu ).

c. Dakaen Taijutsu (  Pukulan, Tendangan dan Tangkisan )
Dalam cabang-cabang ilmu beladiri pasti terdapat pukulan tendangan dan tangkisan, yang merupakan dasar dari ilmu beladiri. kita akan menemukan berbagai macam jenis pukulan , tendangan maupun tangkisan, jika kita mengamati banyak kesamaan dari beberapa teknik pukulan, tendangan dan tangkisan, tapi banyak juga kita temukan teknik-teknikyang berbeda yang menjadi ciri khas jenis bela diri tersebut. teknik yang digunakan dalam ninjutsu  banyak perbedaan dengan teknik beladiri lainnya.


  • Pukulan
  • Pukulan dalam ninjitsu banyak melakukan serangan yang cepat dan akurat, tidak  melakukan satu gerakan pukulan tetapi dua atau lebih gerakan pukulan dalam satu serangan. pukulan tersebut biasanya di ikuti gerakan tangkisan maupun tipuan.
  • Tendangan
  • Teknik tendangan  dalam ninjutsu berbeda dengan teknik beladiri lainnya yaitu tendangan yang disertai tipuan, yang berbeda dengan teknik tendangan beladiri lainya.

Itulah ulasan tentang Ninjutsu Seni Beladiri Ninja Asal Jepang. Kita bisa mempelajarinya secara berguru ataupun otodidak.
Banyak sekolah-sekolah beladiri yang membuka pelatihan beladiri Ninjutsu.
Pun jika kalian ingin belajar otodidak kalian bisa melihat video-video di YouTube untuk mempelajarinya.

Sekian semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin menjadi HOKAGE.