Refreshing Dari Hiruk Pikuk Pekerjaan Di Gunung Andong

Ninjutsu.eu.org-Bagi kaliaan yang suka Travelling dan khususnya suka camping dan mendaki Gunung Andong sangat cocok sebagai tujuannya. Gunung Andong juga cocok bagi yang ingin merasakan camp diatas gunung untuk pertama kalinya atau kamu yang pemula. Karena gunung Andong memiliki ketinggian tak lebih dari 2000 mdpl.


Lokasi Gunung Andong


Gunung Andong adalah sebuah gunung bertipe perisai di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini belum pernah mempunyai aktivitas meletus. Gunung Andong terletak di antara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag dan berketinggian sekitar 1.726 mdpl. Gunung Andong merupakan salah satu dari beberapa gunung yang melingkari Magelang. Berdampingan dengan Gunung Telomoyo, gunung ini berada di perbatasan wilayah Salatiga, Semarang, dan Magelang.

Bagi kamu yang ingin refreshing sejenak mendaki ke Gunung andong memanglah cocok, kamu bisa Camping atau pun hanya tek-tok.

Basecamp Gunung Andong


Ada setidaknya 2 Basecamp yang masih aktif untuk melayani pendakian di gunung Andong ini.

1. Base Camp Taruna Jayagiri Sawit
BC Sawit adalah basecamp paling favorit dan paling ramai dikunjungi karena jarak nya menuju puncak yang paling dekat.
Cukup berjalan ±45-60 menit dari BC kamu sudah bisa sampai Puncak Andong.

Harga Tiket Rp 10.000,- per orang
Parkir Rp 3.000,-

2. Base Camp Giri Dwipa Gogik
BC Gogik menjadi tempat favorit para pendaki ke dua nih.
Dengan puncak andalannya yang disebut sebagai Puncak Alap-Alap dengan ketinggian 1692 mdpl. Pemandangan dari sudut Puncak Alap-Alap juga tak kalah indahnya.

Harga Tiket Rp 10.000,- per orang
Parkir Rp 3.000,-

Tempat Wisata Lain Di Dekat Gunung Andong


1. Hutan Mangli


Satu tujuan wisata alam di lereng Gunung Andong yang dapat disinggahi adalah Hutan Wisata Mangli. Hutan Pinus Mangli Magelang secara administrasi pengelolaan hutan berada di bawah tanggung jawab RPH Pager Gunung, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Ambarawa yang merupakan salah satu BKPH di wilayah Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara.

Letak Hutan Pinus Mangli tidak jauh dari akses utama jalan Jogja-Semarang, yaitu dengan jalan beraspal melalui wilayah Kecamatan Ngablak. Di kanan kiri jalan terdapat gerumbulan perdu dan rumpun tanaman cengkih sisa masa kolonial yang masih bertahan. Beraneka rupa rumpun bambu juga memagari kanan dan kiri jalan dengan beragam jenis, mulai bambu petung, apus, legi, wulung, hingga ampel. Beberapa bagian terasering dimanfaatkan warga untuk menanam komoditas sayuran seperti kubis, wortel, kacang panjang, terong, hingga lombok dan jetsin.

Meskipun aslinya termasuk hutan alam hujan tropis, akan tetapi vegetasi pepohonan utama yang ada di hutan Mangli adalah tanaman pinus. Terdapat bumi perkemahan Mangli, yang terhampar di pelataran lembah di sela-sela batang pohon pinus. Kawasan perkemahan yang cukup luas dilengkapi dengan fasilitas MCK.

2. Air Terjun Sekar Langit


Air Terjun Sekar Langit (sekar dalam bahasa Jawa: bunga) adalah kawasan wisata alam yang terletak di desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Air terjun ini berada di lereng gunung Telomoyo, berbatasan dengan wilayah Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga. Ketinggian airnya mencapai 25 meter dari permukaan telaga. Apabila terjadi hujan, para staf pengelola memperingatkan pengunjung untuk menjauh dari lokasi. Karena bahaya banjir kiriman dari Gunung Merbabu.

Latar belakang

Air terjun sekar langit terletak di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang berada di lereng gunung Telomoyo, gunung yang membatasi Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, dan Kota Salatiga. Keindahan alam masih terjaga dan alami, dengan tumbuhan dan pepohonan hijau di kiri dan kanan jalan masuk sepanjang 400 meter dari jalan besar, sampai ke lokasi air terjun. Sekar Langit juga pernah menjadi lokasi pengambilan gambar untuk film Yohana Gadis Rimba yang dibintangi oleh Lidya Kandou dan Atek Soedharmo dan disutradarai oleh Wim Umboh (1983). Beberapa tahun lalu, jalan masuk menuju air terjun sempat mengalami kerusakan yang disebabkan oleh bencana longsor, tetapi pemerintah setempat telah membangun kembali dengan pengerasan menggunakan semen.

Mitos Jakatarub

Yang menjadi daya pikat kehadiran bagi pengunjung air terjun ini, selain keindahan alamnya adalah adanya legenda Jakatarub. Konon, di telaga inilah Jakatarub mengintip dan mencuri selendang salah satu bidadari yang sedang mandi di telaga. Bidadari yang tercuri selendangnya itu, Nawangwulan, akhirnya tidak dapat pulang ke kahayangan dan hidup berumah tangga dengan Jakatarub karena selendang, baginya, merupakan kesaktian.

Apa kamu tertarik mengunjungi Gunung Andong?
WIsata-wisata di atas cukup murah loh.