Indahnya Cukang Taneuh Green Canyon Indonesia

Ninjutsu.eu.org-Cukang Taneuh atau orang yang mengenalnya lebih baik dengan nama Green Canyon adalah salah satu objek wisata sungai yang dimiliki oleh Jawa Barat, yang terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, sekitar 31 km dari Pangandaran. Lokasi ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran Sungai Cijulang selama jutaan tahun yang menembus gua dengan stalaktit yang menakjubkan dan stalagmit yang diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan pepohonan yang rimbun. Cukang Taneuh menyajikan wisata alam yang unik dan menantang.



Cukang Taneuh atau Green Canyon terbentuk dari erosi tanah yang disebabkan oleh aliran Sungai Cijulang selama jutaan tahun yang menembus gua dengan stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan dan diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan pepohonan yang rimbun. Cukang Taneuh menyajikan wisata alam yang unik dan menantang.

Istilah Green Canyon sendiri lahir dari tiga pelancong asing yang kebetulan mengunjungi daerah Cukang Taneuh. Tiga pelancong asing, menurut cerita, datang ke Cukang Taneuh sambal di sepanjang Sungai Cijulang ditemani oleh pemandu wisata dari Pangandaran. Awalnya, mereka tidak menyangka bahwa di daerah itu tersembunyi keindahan alam yang sangat menawan. Air hijau jernih dari sungai dan lumut hijau berlimpah di sisi tebing. Karena kekaguman mereka terhadap keindahan Cukang Taneuh, akhirnya, mereka menamakan tempat itu julukan "Green Canyon".

Bagi penduduk setempat, Cukang Taneuh berarti "jembatan tanah". Ini karena di lembah dan jurang Cukang Taneuh ada jembatan dari tanah yang digunakan oleh petani setempat untuk sampai ke kebun mereka. Di masa lalu, komunitas di sekitar lokasi itu diyakini berhantu dan menakutkan. Jadi, jangan heran jika kebanyakan orang enggan mengunjungi daerah itu, mungkin hanya sedikit orang yang berani pergi ke sana, itupun biasanya orang yang berburu ular dan mencari biawak.

Untuk mencapai tempat ini kita harus menyewa perahu dari Dermaga Ciseureuh dan menempuh perjalanan sekitar 30-45 menit dengan jarak sekitar 3 km. Tarif tiket kapal berkisar dari Rp.200.000, dapat diperoleh di loket tiket disana, termasuk asuransi dengan maksimum 5 penumpang. Wisata Alam Green Canyon beroperasi setiap hari mulai jam 7.30 WIB - 16.00 WIB.



Sepanjang jalan, mata kita akan dimanjakan oleh naungan air sungai yang hijau. Di mulut gua, ada air terjun Paladar sehingga suasana di objek wisata ini terasa begitu sejuk. Kegiatan yang dapat dilakukan termasuk melompat dari tebing, berenang atau arung jeram.
Bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan berenang, Anda biasanya harus membayar ekstra kepada pengemudi perahu Rp.100.000 per 30 menit karena tiket kapal hanya untuk biaya perjalanan, tidak termasuk persinggahan dan berenang.

Nah, untuk teman-teman pecinta traveling yang ingin menjelajahi lebih banyak dari Sungai Cijulang, Anda dapat memilih paket Rafting Tubuh Wahana dengan biaya sekitar Rp. 250.000 / orang. Harga ini sudah termasuk pemandu, peralatan keselamatan (pelampung, helm, dan sepatu), serta makanan ringan atau makanan besar. Untuk kegiatan arung jeram ini membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Pemandu  akan dibawa menyusuri sungai dari hulu ke hilir dan berakhir di Dermaga Palatar.