Panduan Bermain Harvest Moon: A Wonderful Life


Ninjutsu.eu.org-Harvest Moon: A Wonderful Life merupakan game simulasi pertanian yang dikembangkan oleh Marvelous game dan diterbitkan oleh Natsume. Game ini memiliki seri lanjutan di Jepang versi lanjutannya diberi nama Harvest Moon: Oh! A Wonderful Life, sedangkan dalam versi global disebut dengan Harvest Moon: A wonderful Life Special Edition.



Ada sedikit perbedaan versi lama dan versi baru. Nanti akan saya buatkan artikelnya.

Pengenalan Cerita


Ayahmu dan Takamura adalah sahabat dekat yang bermimpi untuk mengembangkan pertanian bersama-sama. Mereka menemukan tempat bernama Forget-Me-Not-Valley.
Mimpi itu belum sepenuhnya terwujud, Ayahmu meninggal dan telah diputuskan bahwa kamu yang akan menjadi penerus. Akhirnya Takamura menjemputmu di kota dan mengajakmu ke Forget-Me-Not-Valley. Kehidupanmu menjadi seorang petani dimulai dari sini.
Dengan berbekal peninggalan ayahmu yang berupa rumah gubuk kecil, tiga petak tanah, dan seekor sapi, kamu akan merawat dan mengembangkan pertaniannya. Di HM A Wonderful Life ini kamu juga bisa berinteraksi dengan penduduk, menikah, merawat anak-anak dan lain sebagainya.

Cara Bermain Harvest Moon: A Wonderful Life


HM AWL bisa dimainkan di Platform Gamecube dan juga Playstation. Akan tetapi saat ini juga bisa dimainkan di PC bahkan Ponsel Android dengan menggunakan emulator.

Berikut emulator yang bisa digunakan:

  • PCSX 2
  • Untuk saat ini emulator PCSX 2 adalah emulator yang paling stabil untuk digunakan. Kalian bisa menginstalnya di PC maupun ponsel Android.
  • Emulator Dholpin
  • Emulator ini masih dalam masa pengembangan, jadi masih kurang stabil. Walau begitu tetap oke untuk dipakai sebagai emulator di ponsel.
  • Play!
  • Emulator Play! Adalah emulator game PS2 untuk Android. Akan tetapi emulator Play! Masih jauh dari kata stabil. Jadi Saya sarankan lebih baik menggunakan di antara aplikasi PCSX 2 dan Dholpin.
Baca Juga : Cara Setting Emulator PCSX Untuk HM AWL

Aplikasi tersebut bisa kalian dapatkan di website resmi mereka atau di PlayStore. Dan untuk file game iso bisa kalian dapatkan di website coolrom dan atau emuparadise.

Panduan Awal Bermain Game Harvest Moon: A Wonderful Life


Suapaya lebih terarah kamu harus membaca tips-tips bermain ini agar bisa lebih efisien untuk memaksimalkan permainan kamu.


  • Beli cangkul dari Ledger (Buku Penyimpanan)  serta beberapa biji dari Vesta di hari pertamamu, sisakan setidaknya 1000 G sebagai cadangan. Simpan uang ini untuk membeli Sikat dan Tiang Pancing dari Van ketika dia muncul di hari ke-3 Spring dekat Inner Inn.
  • Tanam tanaman yang kamu beli segera setelah Cangkul datang, ingat untuk menyiraminya dua kali sehari. Ulangi pembelian benih baru sebelum setiap musim baru, tanamlah tanaman paling berharga yang tersedia.
  • Gunakan Joran Pancing di waktu luang, kamu harus mendapatkan uang tambahan dari ikan yang ditangkap setiap kali Van datang ke kota (lihat Kegiatan Samping untuk harga dan lokasi Ikan).
  • Panen Bunga dan Tumbuhan Liar, berikan yang pertama ke banyak orang (sebagian besar penduduk suka Bunga), dan makan yang kedua sebagai sumber makananmu. Tidak ada biaya apapun dan merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan ketekunan  serta koleksi item kamu. (lihat Orang untuk detail spesifik tentang keuntungan Item).
  • Saat sudah diberi kuda oleh Takakura, gunakanlah untuk berpergian, selain menghemat waktu transit, tetapi juga menghemat stamina dan untuk memungkinkannya melakukan lebih banyak tugas dalam sehari.
  • Ketika uang mulai masuk, belilah seekor ayam jantan dan satu betina, agar kamu bisa memulai untuk memanen telur. Gunakan Telur yang breeding untuk menetaskan Ayam baru, jual jika jantan karena kita hanya butuh satu  yang diperlukan untuk mendapatkan Telur yang Di-breeding.
  • Domba juga bisa menjadi sumber uang yang luar biasa, begitu kamu memiliki Kuas. Beli setidaknya satu, ingat untuk menggunakan Brush on the Sheep oleh palung air di bidang luar. Melakukan tindakan ini sesering mungkin akan mencuci wol, membuat Domba benar-benar bahagia, sehingga membuat mereka menghasilkan Wol Emas setiap 10 hari, bernilai 600 G!

Penduduk Town Folk

Selain bertani misi kamu juga harus menjalin silaturahmi antar penduduk, jadilah orang yang memiliki karakter bersosial. Dan juga karena kamu juga harus mencari calon istri untuk dinikahi jadi jangan males menyapa penduduk yang kamu temui disepanjang jalan lebih bagus lagi jika kamu member benda kesukaannya.

Daftar Penduduk

Carter
Seorang arkeolog di galian tambang dekat air terjun dan tinggal disana bersama asistennya Flora. Kamu tinggal bicara saja dengan Carter, Dia akan mengijinkanmu untuk menambang.

Likes: Batuan berharga, Keju, Susu, Sayur dan Buah,Telur,  Ikan, Sashimi.
Gifts : Chihuahua

Chris
Chris bekerja di "kota besar" sehingga dia sering terlihat melintasi jalur gunung di luar kota. Dia adalah wanita yang sangat manis, yang merupakan ibu bagi Hugh dan seorang suami bagi Wally (meskipun dengan Wally terkadang lebih seperti dua putra yang harus dirawat). Lebih dari karakter sekunder, dia masih seorang wanita yang baik untuk diajak bicara dan dia selalu memiliki sikap yang baik sehingga dia senang berbicara dengannya.

Likes: Bunga, Susu, Buah
Gifts : None

Cody
Orang yang tampak liar ini tampaknya adalah penjahat jalanan pada pandangan pertama, tetapi jika diberi kesempatan, ia akan mengungkapkan artis lembut dan rentan yang terletak di bawah permukaan. Tinggal di sudut kota yang lebih terpencil, ia dapat ditemukan berkeliaran di daerah itu, khususnya berkeliaran di Spring Pond dan Swamp Pond, mungkin mencari motivasi. Setelah kamu menikah dia akan memberimu lukisan (Painting) tapi di versi HM AWL Special Edition dia akan memberimu Strange Sickle.

Likes: Flowers, Eggs, Fossils, Ores
Gifts : Painting, Strange Sickle

Daachan
Sebuah boneka kayu yang bisa dibeli saat Van datang. Tidak diketahui apa perannya di dalam permainan, akan tetapi ada sebuah cutscene dimana dia bergerak disetiap malam.

Daryl
Mata liar yang gila dan merah darah ini adalah seorang ilmuwan yang berada di pedesaan sehingga ia dapat melakukan eksperimennya dengan tenang. Tinggal hanya sepelemparan batu dari Bar, rumahnya mudah diidentifikasi oleh saluran listrik besar di atas atap. Dia lebih seperti elang malam, tidur sampai pagi, jadi cari dia di sore dan malam hari.

Likes: Fish, Eggs, Coins, Bones
Gifts : Seed Maker

Dr. Hardy
Dokter yang baik adalah orang yang tampak mengintimidasi, tetapi dia sebenarnya cukup membantu. Ia peduli pada orang sakit dan lanjut usia di kota, bahkan menawarkan saran kepada Anda tentang cara mempertahankan tubuh yang kuat! Dia awalnya memulai permainan yang tinggal di Mineral Town, tetapi pada awal tahun kedua, dia pindah ke sebuah rumah di dekat Bar. Inilah saatnya dia memberikan Alat kepada mereka yang memberinya hal-hal baik.

Likes: Fish, Fossils
Gifts : Weird Sickle

Flora
Wanita muda yang cantik ini tinggal di Situs Galangan Arkeologis bersama dengan Carter. Dia membantu di situs dan memiliki cinta bawaan untuk Barang-barang lama yang digali dari bumi.

Likes: Fish, Dairy Products, Fossils, Statues
Gifts : Necklace

Galen
Menikah dengan Nina, ia tinggal bersamanya di wilayah utama kota, setelah kematian Nina kemudian pindah ke bukit kecil di seberang jalan dari pertanian Vesta. Dia adalah orang tua yang ramah, tetapi dia akan menjadi melankolis mulai dengan tahun kedua, jadi mungkin kamu harus membantunya mengatasi masalahnya.

Likes: Fish, S-Rank Vegetables/Fruit
Gifts : Fishing Rod G

Grant
Pindah ke lembah setelah akhir tahun pertama, Grant membawa istrinya Samantha dan melahirkan Kate. Dia masih akan bekerja di kota itu, jadi dia meninggalkan Lembah lebih awal dan kembali terlambat karena dia memiliki perjalanan panjang untuk bekerja setiap hari. Cari dia untuk menerima hadiah yang akan membantu mengendalikan pola tidur mu lebih efisien.

Likes: Milk, Eggs, Fish
Gifts : Alarm Clock

Griffin
Pemilik Blue Bar, ia jarang ditemukan di luar gedung itu. Dia adalah ayah dari Muffy, telinga yang penuh perhatian untuk semua, dan server minuman, dia adalah orang yang baik untuk mampir untuk mendapatkan dorongan energi cepat.

Likes: Flowers, Coins, Golden Eggs, Fish
Gifts : None

Gustafa
Penyanyi pengembara ini menciptakan musiknya, puisi, dan umumnya hanya mengembara lembah dalam realitas kecilnya sendiri. Dia ramah, mau menerima, dan dia mencintai alam, jadi bagaimana mungkin kamu tidak berteman dengan orang baik ini?

Likes: Flowers, Coins, Statues, Ores, Curry
Gifts : Strange Sickle, Set of Drums


Hugh
Anak dari Chris dan Wally, ia akan selalu ingin berlari dan bermain dengan petani Anda. Meskipun keberuntungannya tampaknya rendah, dia adalah gambaran meludah dari ayahnya, jadi kau tahu dia akan mendapatkan kepercayaan diri yang tak terkalahkan juga.

Likes: Milk, Coins, Sashimi
Gifts : None

Kassey
Salah satu dari Fireworks Brothers, dia adalah karakter yang sangat sekunder yang hanya dapat dibedakan dari saudara kembarnya dengan terusannya.

Likes: Flowers, Ores, Fish, Milk
Gifts : None

Kate
Anak Samantha dan Grant, dia adalah anak lain yang akan tumbuh di depan mata Anda. Dia tidak takut untuk mengungkapkan pikirannya, juga tidak takut pada apa pun.

Likes: Flowers, Coins, Ores
Gifts : None

Lumina
Seorang anak kecil ketika permainan dimulai, dia akan terus bertambah seiring bertambahnya usia Anda. Dia tinggal bersama neneknya Romana dan pelayan mereka Sebastian, dia adalah seorang gadis manis dengan beberapa bakat untuk bermain Piano. Dia bahkan dapat memberikan hadiah dari kemampuannya, yang dapat menjadi pengaruh besar bagi putra Anda.

Likes: Flowers, Sweets
Gifts : Sheet Music

Marlin
Marlin adalah saudara laki-laki Vesta, dan dia tampaknya terlalu melindungi Celia. Dia membantu di sekitar pertanian, setelah meninggalkan keramaian dan hiruk pikuk kota untuk kehidupan yang lebih sederhana.

Likes: Vegetables, Food
Gifts : None

Mukumuku
Seekor binatang buas putih besar, makhluk mirip Yeti ini berkeliaran di area Spring Pond selama musim dingin. Dia akan mendengus dan meneriaki siapa pun yang ditemuinya, dia biasanya menjadi pusat perhatian bagi mereka yang dia intrik atau jengkel. Dia tampaknya tidak memiliki tujuan, tetapi mungkin ada lebih dari yang ada di sana…

Likes: Flowers, Fish, Eggs
Gifts : None

Murrey
Gelandangan yang lusuh, tidak terawat, dan umumnya kotor ini juga merupakan pencuri kota (mencuri dari siapa saja dan semua orang). Tontonan menyedihkan ini adalah rasa sakit yang konstan, mencuri, meminta uang, dan bahkan mempengaruhi anak Anda jika Anda tidak cukup menonton.

Likes: All food (except Fish), basic Tools
Gifts : None

Nina
Wanita tua yang cantik ini adalah istri Galen, tinggal bersamanya di wilayah utama kota. Namun kesehatannya buruk, sehingga Dr. Hardy sering di rumah mereka untuk memeriksanya. Dia secara mengejutkan keluar, karena dia dapat ditemukan di seluruh lembah sepanjang hari.

Likes: Flowers
Gifts : None

Patrick
Salah satu dari Fireworks Brothers, dia adalah karakter yang sangat sekunder yang hanya dapat dibedakan dari saudara kembarnya dengan terusannya.

Likes: Flowers, Ores, Fish, Milk
Gifts : None

Rock
Putra Tim dan Ruby, ia menempati sebuah kamar di lantai atas di Inner Inn. Dia adalah orang yang aktif dan kompetitif, dia menghabiskan sebagian besar waktunya jauh dari penginapan dan menantang penduduk Forget-Me-Not Valley yang lain untuk mengikuti kontes minum susu. Mudah didekati dan mudah disukai, Anda bisa menjadi tua seiring berjalannya usia karena usia Anda yang sama.

Likes: Coins, Mushrooms, Flowers, Cheese, Milk
Gifts : None

Romana
Wanita tua yang cantik ini tampaknya abadi sepanjang permainan, karena ia terus menjalani hidupnya tanpa insiden. Dia adalah jiwa yang murah hati, menawarkan dua hadiah kepada petani Anda selama permainan, asalkan Anda mengenalnya terlebih dahulu.

Likes: Flowers, Gold Coins, Fruit, Milk
Gifts : Watering Can W, Cat

Ruby
Istri Tim dan ibu dari Rock, dia adalah koki yang hebat, karena perjalanannya ke seluruh dunia ketika dia masih muda. Dia juga mengembangkan rempah-rempah khusus yang unik untuk dapurnya, jadi dia jika dia mungkin memberi Anda sampel.

Likes: Flowers, Ores, Milk, Butter, Meals (almost all)
Gifts : Ruby's Spice

Samantha
Istri Grant dan ibu Kate, dia sering terlihat berkeliling kota, bergerak kesana kemari. Bukan karakter utama, dia masih mudah bergaul dengan orang yang selalu memiliki kata baik untuk Anda ketika Anda bertemu.

Likes: Flowers, Milk, Vegetables
Gifts : None

Sebastian
Pelayan Romana dan Lumina yang membantu, dia juga ahli dalam kualitas makanan. Dia pria yang baik dan ramah, meskipun dia butuh sedikit waktu untuk menghangatkan dirimu.

Likes: Food, Fossils, Statues
Gifts : None

Takakura
Petani tua yang berteman dengan Ayahmu sebelum kamu mengambil alih pertanian. Dia akan mengirimkan produk susu Anda serta mengambil hewan Anda yang sedang dijual, membawanya ke Kota Mineral, yang berada di atas gunung. Dia tinggal di pertanian di kabin kecil dekat pintu masuk ke kota, tempat Tartan akan tinggal begitu dia muncul.

Likes: Homemade meals
Gifts : Tartan

Tim
Suami dari Ruby dan ayah dari Rock, operator penginapan yang sedikit kelebihan berat badan ini telah berkeliling dunia, sama seperti Ruby. Dia telah melihat banyak hal aneh, dan dia tidak takut untuk mengatakan (atau menunjukkan) satu atau dua hal padamu.

Likes: Flowers, Food, Coins, Ores
Gifts : Strange Hoe

Van
Pedagang besar yang datang dari Mineral Town akan selalu datang pada 3 dan 8 musim, serta satu atau dua hari acak. Dia adalah sumber utama uang, karena dia adalah cara termudah untuk menjual seluruh jajaran produk Anda dari musim ke musim.

Likes: Eggs, Statues, Coins, Ores
Gifts : None

Vesta
Wanita yang agak besar ini adalah orang yang sedang booming, menjual semua benih yang Anda perlukan saat bertani di tanah pertaniannya sendiri. Dia tinggal di sana bersama saudara lelakinya Marlin dan pasukannya, Celia (yang mungkin Anda kenal baik). Cukup mudah ditemukan, karena dia jarang meninggalkan pertaniannya.

Likes: Flowers, Milk, Vegetables/Fruit, Curry
Gifts : Weird Hoe

Wally
Seorang mantan pelari maraton, atlet ini dapat ditemukan berlari di sekitar kota. Suami dari Chris dan ayah Hugh, dia adalah jiwa yang energik yang selalu membutuhkan waktu untuk berbicara.

Likes: Eggs, Milk, Fish, Coins

Gifts : Wool Clippers


Wanita Yang Bisa Dinikahi



Menikah adalah misi utamamu di tahun pertama. Kamu bisa menikah jika salah satu dari 4 calon wanita sudah memiliki 4 hati berwarna merah. Tapi, kamu tidak akan menikah sampai akhir tahun pertama meskipun kamu sudah melamarnya.

Jika dalam tahun itu (Chapter 1: Marriage) kamu tidak melamar-lamar, salah satu wanita yang paling menyukai akan datang menemuimu pada tanggal 10 musim Winter.

Dia akan mengungkapkan perasaannya kepadamu dan menanyai perasaanmu kepadanya seperti apa. Jadi, jawaban darimu saat ini terjadi sangat menentukan kelanjutan permainan. Jika kamu menerima perasaannya, kamu akan menikah dengannya.

Tapi jika kamu menolak perasaannya terhadapmu, kamu akan meninggalkan desa dan permainan akan berakhir (Game Over). Permainan akan dikembalikan ke main menu dan kamu tidak bisa melakukan apa-apa akan hal itu.

Untuk membuat wanita jatuh cinta kepadamu, kamu harus memberi hadiah kesukaan dan berbicara dengan mereka setiap hari. Akan ada 4 sampai 6 cutscene setiap hati mereka naik dan kamu diharuskan untuk memberikan respon yang bagus saat itu terjadi.

Untuk melamar mereka, tentunya dibutuhkan “Blue Feather  yang nantinya akan kamu dapatkan saat musim Summer dari kurcaci. Setelah kamu melamar mereka, pernikahan akan berlangsung saat tanggal 10 musim Winter.

Wanita yang Bisa Dinikahi

Ada 3 wanita yang bisa kamu nikahi di Harvest Moon: A Wonderful Life yaitu Celia, Muffy, Nami. Sedangkan untuk A Wonderful Life Spesial Edition ketambahan kamu bisa menikahi Lumina.

1. Celia.

  • Ciri-Ciri : Berambut coklat dan memakai bandana kain pada kepalanya, berpakaian layaknya penduduk desa dengan pakaian berwarna hijau. Celia adalah gadis yang manis yang sedikit manja serta menyukai alam. Celia paling mudah ditemui dibandingkan gadis lainnya.
  • Tempat Tinggal : Rumah di Vesta’s Farm
  • Kesukaan : Crystals, Coin yang bersinar seperti Silver Coin, Egg, Flowers (Bunga), Sayuran apa saja, Moon Ores.
  • Diary : Lantai 2 Rumahnya di tempat tidur, naik melalui tangga putar
  • Pekerjaan : Penjual Bibit Tanaman di Vesta’s Farm
  • Jadwal : Pkl 08.00 AM ~ Pkl 03.00 PM di rumahnya berjualan bibit, Pkl 03.00 PM ~ Pkl 05.30 PM berada di pekarangan rumah Vesta’s Farm, Pkl 05.30 PM malam hari berada di dalam rumah.
  • Jadwal saat tanggal 3 & 8 : Pkl 8.00 AM ~ Pkl­ 12.00 AM masih berada di rumah, Pkl 12.00 AM ~­ Pkl 02.00 PM berjalan dari Vesta’s Farm ke Villa, Pkl 02.00 PM ~­ Pkl 06.00 PM berada di halaman Villa, Pkl 06.00 PM ­~ Pkl 08.00 PM berjalan dari Villa ke Vesta’s Farm.


Cara Cepat Mendapatkan Celia : Selalu membeli bibit melalui dirinya pada pagi hari, lebih baik tiap hari beli pupuk/fertilizer seharga 40G padanya dan berikan selalu Flowers apa saja yang ia sukai. Jika ada cut scene dengan Celia, jawablah pertanyaannya dengan bijak.

2. Lumina.

  • Ciri-Ciri : Gadis kecil berambut coklat yang berbaju putih ini sering bermain piano. Ia tidak pergi jauh, hanya di sekitar rumahnya saja. Lumina merupakan gadis yang sulit didekati tapi hanya modal bunga saja lama kelamaan kamu bisa memikat hatinya.
  • Tempat Tinggal : Villa lantai 2
  • Kesukaan : Flowers, Fried Sweet Potato, Strawberry Cake.
  • Diary : Di atas meja kamarnya dekat 2 boneka kelinci
  • Pekerjaan : Tidak Bekerja
  • Jadwal : Pkl 09.00 AM ~ Pkl­ 09.30 AM di kamarnya lantai 2, Pkl 09.30 AM ~­ Pkl 12.00 PM bermain piano di Villa, Pkl 02.00 PM ~­ Pkl 04.00 PM berjalan dari Villa ke rumah Fireworks Maker, Pkl 04.00 PM ~­ Pkl 06.00 PM di halaman Fireworks Maker, Pkl 06.00 PM ~­ Pkl 07.00 PM di halaman Villa, Pkl 7.00 PM ~ Pkl 08.00 PM menemui Romana tapi kalian tidak bisa menemuinya, Pkl 08.00 PM ~­ Pkl 09.00 PM berjalan menuju kamarnya, Pkl 09.00 PM ~ Pkl 10.00 PM ada di kamarnya, tidur Pkl 10.00 PM.
  • Jadwal saat tanggal 3 & 8 : Pkl 10.00 AM ~­ 04.00 PM berada di halaman Villa, Pkl 04.00 PM ~­ 05.30 PM berjalan dari Villa ke tempat Van (samping Inner Inn), Pkl 05.30 PM ~­ Pkl 06.40 PM di tempat Van, Pkl 06.40 PM ~­ Pkl 08.00 PM berjalan dari tempat Van ke Villa, Pkl 09.00 PM ~­ Pkl 10.00 PM di kamarnya.


Tips Cara Cepat Mendapatkan Lumina : Awalnya saat hatinya masih hijau sangat sulit membuat hatinya merah tapi kalian bisa membuat hatinya cepat merah dengan mengunjungi Lumina di Villa saat ia berlatih piano pada pagi hari antara jam 8 pagi sampai jam 11 siang. Bicara dengannya saat ia bermain piano maka ia akan senang karena anda  mengunjunginya. Setelah itu berikan selalu Flowers padanya, lebih baik saat ia berada di kamarnya maka hatinya cepat berubah. Menjawab pertanyaan dengan bijak saat cut scene dengannya juga membantu.

Saat Melamar Lumina : Berikan Blue Feather saat Lumina berada di kamarnya maka ada akan ada Cut Scene Lumina menunjukkan bulu biru ini pada Romana. Kemudian Romana menanyakan padamu apakah bisa membahagiakan Lumina. Jawaban ” Leave it to me!” saja maka Romana akan mengajari Lumina bagaimana menjadi istri yang baik terlebih dahulu.

3. Nami.

  • Ciri-Ciri : Gadis yang Tomboy alias bersifat seperti laki-laki ini memakai kemeja berkotak dan celana pendek. Nami bersifat sangat dingin bahkan saat kamu memberinya hadiah pun ia bersikap dingin padamu. Ia tidak bermaksud lama tinggal di desa tapi jika kalian melamarnya maka akan mengubah pendiriannya.
  • Tempat Tinggal : Lantai 2 kamar di kiri tangga Inner Inn
  • Kesukaan : Clay Statues, Curry, Fossils, Blue Trick Flowers.
  • Diary : Buku biru di atas meja kamarnya
  • Pekerjaan : Tidak Bekerja
  • Jadwal : Pkl 09.00 AM ~­ 09.30 AM berada di kamarnya, Pkl 09.30 AM ~­ Pkl 12.00 PM berjalan dari Inner Inn ke Spring, Pkl 12.00 PM ~­ Pkl 05.00 PM berada di Spring, Pkl 05.00 PM ~ Pkl ­06.40 PM berjalan dari Spring ke Blue Bar, Pkl 06.40 PM ~­ Pkl 09.00 PM berada di dalam Blue Bar, Pkl 09.00 PM ~ Pkl­ 10.00 AM berjalan dari Blue Bar ke ladang belakang Blue Bar, Pkl 10.00 PM ~ Pkl­ 10.20 PM berada di ladang, Pkl 10.20 PM ~­ Pkl 11.00 PM berjalan dari ladang ke Turtle Swamp, Pkl 11.00 PM ~­ Pkl 11.30 PM di Turtle Swamp, Pkl 11.30 PM ~­ Pkl 12.30 pulang perjalanan ke Inner Inn, Special Pkl 10.00 PM ~­ Pkl 12.00 PM berada di pekarangan rumah Cody ­Artist’s House.

4. Muffy.


  • Ciri-Ciri : Gadis berambut pirang dan selalu berpakaian gaun merah layaknya orang kota. Muffy semula bekerja di kota sebagai sekretaris, ia semula kurang menyukai kehidupan di desa tapi kalian bisa mengubahnya. Jika kalian menyukai gadis kota maka Muffy adalah pilihan yang tepat.
  • Tempat Tinggal : Kamar di Blue Bar
  • Kesukaan : Flowers, Crystals, Shiny Coins, Moon Ores
  • Diary : Periksa Vas Bunga di pojok Blue Bar
  • Pekerjaan : Pelayan di Blue Bar
  • Jadwal : Pkl 09.00 AM ~ Pkl 12.00 AM berada di kamarnya, Pkl 12.00 PM ~ Pkl­ 03.00 PM bekerja di Blue Bar, Pkl 03.00 PM ~­ Pkl 05.00 PM di dapur Inner Inn, Pkl 05.00 PM ~­ Pkl 06.00 PM berjalan dari Inner Inn ke Blue Bar, Pkl 06.00 PM ~ Pkl 08.00 PM di kamarnya, Pkl 08.00 PM ~­ Pkl 10.00 PM bekerja di Blue Bar.
  • Jadwal tanggal 3 & 8 : Pkl 10.00 AM ~­ Pkl 11.00 AM di kamarnya, Pkl 11.00 AM ~­ Pkl 04.00 PM bekerja di Bar, Pkl 04.00 PM ~­ Pkl 04.30 PM berjalan ke Inner Inn.

Tips Cara Cepat Mendapatkan Muffy : Gadis yang sangat mudah didekati walaupun ia pernah patah hati. Cukup berikan bunga setiap hari saat ia berada di kamarnya ataupun di Bar. cut scene dengan Muffy sangat banyak jadi jawablah pertanyaan saat cut scene dengan bijak maka hatinya cepat berubah. Saat kalian ke kamarnya dan ia menanyakan apakah anda menemuinya atau Griffin, pilih jawaban pertama.


Seperti halnya calon istri yang akan kalian pilih mempunyai sifat dan kesukaan yang berbeda. Begitu pula anak yang mereka lahirkan, memiliki bakat, kemampuan, kesukaan dan sifat yang berbeda-beda pula. Dan Inilah sifat, bakat, kemampuan dan kesukaan anak.


Itulah tulisan atau ulasan tentang Panduan Bermain Harvest Moon: A Wonderful Life. Semoga kamu bisa sedikit paham setelah membaca artikel ini.
Yuk lah biar di dunia game juga ga jomblo nikahin salah satu wanita diatas. Heheh