Indahnya Negeri Di Atas Awan Dieng Plateu

Ninjutsu.eu.org-Halo Sobat Ninshu, Ada yang tau Negeri Di Atas Awan Dieng Plateu? Ya bicara soal tempat liburan kekinian yang instagramable dan tentu bertema pegunungan sangat tepat jika Dataran Tinggi Dieng juaranya.



Dengan bentang alamnya yang memukau, banyak tempat wisata di Dieng yang wajib masuk daftar kunjungan jika kamu berkunjung ke Dieng.
Untuk kamu yang ingin pergi ke Dieng yuk baca artikel ini agar lebih tau apa aja sih yang ada di Kawasan Dataran Tinggi Dieng ini.

Wisata Dieng, Pesona Negeri Tempat Bersemayamnya Dewa Dewi

Gambaran tentang negeri tempat bersemayamnya dewa dewi selama ini mungkin hanya bisa kita jumpai dalam cerita dongeng saja. Namun mimpi itu akan menjadi nyata bila kita mau menyempatakan diri untuk mengunjungi Dieng yang berada di antara Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah yang bisa dijangkau dari Jogja kurang lebih selama 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Nama Dieng Plateau sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta yaitu “Di” yang berarti gunung dan “Hyang” yang berarti gunung. Namun ada pendapat lain yang mengatakan bahwa kata Dieng berasal dari Bahasa Sunda dengan kata yang sama “Di”dan “Hyang” karena pada sekitar abad ke-7 Dieng pernah berada dalam pengaruh politik Kerajaan Galuh yang ada di Jawa Barat. Keindahan alam di Dieng selalu kaitkan dengan gunung atau tempat bersemayamnya para dewa dewi. Keindahan alam tersebut masih bisa kita saksikan sampai saat ini. Bukan hanya kecantikan pemandangan alamnya saja yang menjadi alasan kita harus berkunjung kesana, tetapi juga karena sejarah dan budayanya.

Beberapa Rekomendasi Tempat Wisata Dieng


1. Gunung Prau



Buat kamu yang memiliki jiwa petualang dan mendaki gunung, tempat ini sangat cocok dikunjungi. Gunung Prau yang berada pada ketinggian 2.565 mdpl ini menawarkan panorama yang indah dan juga udara yang segar.
Kamu bisa menikmati Sunrise yang di golongkan Golden Sunrise dengan hiasan 5 Puncak gunung Sumbing, Sindoro, Merbabu, Merapi, serta Ungaran Semarang.
Sungguh pemandangan yang menawan.

2. Bukit Sikunir



Di sini jika kamu mengunjungi Bukit Sikunir adalah tempat terbaik untuk melihat Golden Sunrise. Benar Bukit Sikunir adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunrise di Dieng Wonosobo.

Dengan udara yang sejuk, berada di puncak Bukit Sikunir bakal jadi pengalaman yang tidak terlupakan, deh! Apalagi bisa ajak teman segeng buat melakukan pendakian bareng-bareng.

Buat main ke Bukit Sikunir, kamu diharuskan untuk menempuh pendakian berdurasi satu jam dari Telaga Cebong sebagai titik awalnya. Jalur pendakiannya pun bisa dibilang memiliki kesulitan medium, sehingga kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

3. Kawah Sikidang


Tempat Wisata Unggulan Dieng. beragam tempat menarik bisa dijumpai di Dieng. Mulai dari wisata telaga, Wisata Candi, Wisata Gunung, dan Wisata Kawah.  Kawah Sikidang Dieng merupakan Wisata Kawah yang paling ramai dikunjungi para Wisatawan di Dieng. Kawah Sikidang Dieng awalnya kolam-kolam kawah hasil letusan vulkanis berpuluh-puluh tahun lalu.  Kolam-kolam kawah tersebut terus menganga memperlihatkan gelegak magma berupa lumpur mendidih.

Kamu bisa mencoba merebus telur di Kawah Sikidang. Biasanya juga ada telur rebus yang di jual sebagai souvenir.

4. Danau Pengilon




Danau Pengilon ini berdekatan dengan danau Telaga Warna. Airnya yang jernih dan dikelilingi bukit hijau yang asri, akan membuatmu terpesona akan kecantikannya.
Sudah pasti Danau ini harus masuk daftar tujuan jika kamu mengunjungi Dieng.

5. Danau Telaga Warna


Pembeda antara Telaga Warna dengan telaga lain yang ada di Dieng adalah warna air yang bisa berubah-ubah. Air yang ada di Telaga Warna biasanya berwarna hijau, kuning, jingga, bahkan berwarna seperti pelangi pada saat terkena sinar matahari. Perubahan warna tersebut disebabkan karena tingginya kandungan sulfur yang ada di Telaga Warna. Perbukitan dengan pepohonan yang masih hijau semakin menambah cantik pemandangan ditempat ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi Telaga Warna adalah pada pagi atau sore hari. Selain karena warna air yang ada di Telaga Warna terlihat lebih cantik, pada sore hari biasanya selalu ada awan tebal yang mmengurangi keindahan pemandangan.


Budaya Dan Sejarah Di Dieng

Selain Wisata Alamnya yang cantik Dieng juga kaya akan wisata cagar budayanya. Mulai dari candi, museum, sejarah, dan juga festival tahunan.

1. Candi Gatot Kaca




2. Canti Arjuna



Dieng Plateau merupakan rumah bagi candi Hindu tertua yang ada di Pulau Jawa yaitu Candi Arjuna yang terletak satu kompleks bersama dengan beberapa candi lain seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembada. Candi Arjuna diperkirkan dibangun pada tahun 809 M berdasarkan prasasati yang pernah ditemukan disekitar tempat ini. Kompleks Candi ini sempat hilang tergenang air dan baru ditemukan kembali pada abad ke-18 orang seorang tentara Belanda yang bernama Theodorf van Elf. Namun upaya renovasi terhadap kompleks Candi Arjuna baru dilakukan oleh seorang yang berkewarganegraan Inggris bernama HC Corneullus 40 tahun setelah penemuan pertama. Candi Arjuna diperkirakan merupakan candi pertama yang dibangun dikawasan tersebut karena dilihat dari bentuknya yang masih sangat kental dengan pengaruh budaya India dibandingkan dengan candi-candi lain yang sudah mendapatkan sentuhan lokal.

3. Museum Kailasa



Jika kamu ingin tahu tentang sejarah Kota Dieng, Museum Kailasa adalah tempat yang paling tepat untuk didatangi. Museum Kailasa menyimpan banyak sekali benda-benda yang ada hubungannya dengan candi-candi yang ada di kawasan Dataran Tinggi Dieng seperti arca, lingga, yoni, tungku tempat sesaji dan berbagai benda lainnya. Benda-benda tersebut disimpan di Museum Kailasa karena tidak diketahui posisinya pada saat renovasi candi dan demi alasan keamanan. Selain bisa mengetahui sejarah masa lampau di Dieng, dengan mengunjungi Museum Kailasa kita juga kehidupan masyarakat, kebudayaan, sistem kepercayaan masyarakat Dieng pada jaman dahulu.

Dieng Culture Festival


Ritual Potong Rambut Gimbal merupakan salah satu rangkaian festival yang ditunggu-tunggu oleh pengunjung Dieng Festival. Ada Sembilan anak yang akan ikut berpartisipasi dalam ritual ini mereka berasal dari Kabupaten Wonosobo, Temanggung, Batang, Banjarnegara dan DKI Jakarta.

Kapan Dieng Culture Festival 2020 diadakan?
Tahun ini Dieng Culture Festival akan diadakan pada sekitar tanggal 7 Agustus 2020. Festival ini akan diadakan selama 3 hari 2 malam.

Dieng Culture Festival Merupakan even Budaya yang Romantis dengan suguhan alam yang menawan. Even ini dilaksanakan di Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, dataran dengan aktivitas vulaknik memiliki ketinggian sekitar 2.095 meter di atas permukaan laut, tidak heran di dieng kita akan merasakan hawa yang dingin dengan suhu berkisar 12—20 °C di siang hari dan 6—10 °C di malam hari. Pada musim kemarau seperti bulan Juli dan Agustus suhu di dieng akan menurun mencapai 4°C di pagi hari sehingga memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas.


Jadi bagaimana tertarikkah kamu untuk mengunjungi tempat-tempat diatas jika mengunjungi Dieng?
Semoga informasi ini bisa sedikit membantu kamu untuk mengetahui apa saja yang ada di Kawasan Wisata Dieng ini.

Selamat berwisata ya.