Eksotisme Candi Sambisari Warisan Mataram Kuno

Ninjutsu.eu.org-Halo Sobat Ninshu. ada yang pernah ke Jogjakarta? Pasti udah dong ya, Daerah Istimewa Yogyakarta memang sudah terkenal dengan tempat wisatanya. Banyak wisata murah di Provinsi ini mulai dari jajaran pantai selatan, gua-gua, dan perbukitan kapur. Kota ini juga kental akan budayanya seperti masih menjaga bentuk asli Keraton Jogja, Alun-alun, benteng, juga hiruk pikuk wisata budaya di sepanjang jalan Malioboro.


Kali ini saya akan membagikan informasi tentang sebuah situs cagar budaya yang sangat eksotik, Candi Sambisari.

Eksotisme Candi Sari Warisan Mataram Kuno


Candi Sambisari Adalah sebuah Candi peninggalan Mataram Kuno yang terkubur kurang lebih 6,5m didalam tanah, akibat erupsi dahsyat Gunung Merapi.

Candi ini diketemukan tidak sengaja oleh seorang petani bernama Karyowinangun, Candi yang diperkirakan dibangun sekitar tahun 812 - 838 M ini, terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta candi ini berjarak sekitar 12 km arah timur.

Perlu waktu nyaris 3 windu untuk merampungkan proses eskavasi hingga rekonstruksi bangunan. Ditemukan pada tahun 1966, candi ini baru selesai dipugar pada tahun 1987. Sesuai dengan nama desa tempat ia ditemukan, candi ini pun diberi nama Candi Sambisari.

Sejarah pendirian Candi Sambisari belum dapat diketahui secara pasti karena tidak adanya bukti konkret. Namun dilihat dari arsitektur bangunannya, candi ini diperkirakan dibangun sekitar tahun 812 – 838 M, semasa dengan Candi Prambanan, Candi Plaosan, dan Candi Sojiwan.

Komplek candi terdiri dari 1 buah candi induk dan 3 buah candi pendukungnya. Terdapat juga 8 buah lingga patok yang tersebar sesuai penjuru arah mata angin. Sepintas candi ini tampak seperti sebuah kastil di tengah taman. Karena sekeliling candi ini dihiasi rerumputan hijau yang tertata rapi bagaikan taman di halaman kerajaan dengan candi di tengah sebagai pusatnya.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Candi Sambisari


  • Menyusuri Jejak Sejarah dari Dinding Candi dan Museum
  • Kalau kamu penikmat sejarah, maka berkeliling Candi Sambisari sembari mengamati detil arsitekturnya akan menjadi hal yang menarik untuk dilakukan. Di dalam kompleks candi ini kamu akan menemukan relung-relung candi yang berisikan arca, mulai dari arca Dewi Durga, arca Ganesha, hingga arca Agastya. Selain itu ada juga lingga dan yoni di dalam bilik candi yang menegaskan bahwa candi ini dulunya dipakai sebagai tempat pemujaan kepada Dewa Syiwa. Jika kamu ingin mendapatkan informasi lainnya, kamu bisa meluncur ke museum mini alias ruang informasi. Di museum ini kamu bisa melihat foto-foto lingkungan sawah milik petani Karyowinangun sebelum digali, foto-foto proses eskavasi Candi Sambisari, termasuk foto benda-benda yang ditemukan selama penggalian.
  • Mengabadikan Keindahan Candi Lewat Foto
  • Komplek Candi Sambisari menawarkan pesona tersendiri bagi siapa pum yang menyambanginya. Tidak hanya terdiri dari bangunan candi saja, di kawasan ini terdapat hamparan rumput hijau dan taman yang tertata dengan rapi. Dinding tanah yang mengitari candi dihiasi dengan tulisan Candi Sambisari dari perdu yang indah. Saat musim penghujan, semuanya terlihat hijau segar. Lokasi ini sangat cocok dijadikan sesi foto baik itu pre wedding atau sesi foto lainnya. Cukup menyesuaikan tema, lalu carilah angle terbaik dan candi ini akan menjadi latar yang indah untuk foto yang kamu abadikan.
  • Bersantai Sambil Menghabiskan Waktu Menanti Senja
  • Setelah menikmati keindahan bangunan Candi Sambisari, tidak ada salahnya jika kamu bersantai di sekitaran candi sembari menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat. Komplek Candi Sambisari ini memang memiliki taman yang cukup luas dan ditumbuhi rerumputan hijau sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan melepaskan diri dari kepenatan rutinitas sehari-hari. Rebahkanlah dirimu di rerumputan atau sanraplah bekal yang dibawa sembari bercerita banyak hal dengan orang-orang terdekatmu. Kamu pun bisa bercengkerama di tempat ini hingga rona jingga senja mulai memenuhi angkasa.

Lokasi dan Akses Menuju Candi Sambisari


Candi Sambisari berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta candi ini berjarak sekitar 12 km arah timur.

Untuk mencapai Candi Sambisari kamu bisa menyusuri Jalan Raya Jogja – Solo. Sesampainya pertigaan Bandara Adi Sutjipto kamu masih harus lurus terus.


Begitu menjumpai pertigaan dengan penanda Gedung Balai Diklat Keuangan Yogyakarta silahkan belok kiri menuju utara. Tak sampai 10 menit kamu akan tiba di Candi Sambisari yang terletak di area perkampungan warga.

Harga Tiket dan Jam Buka Candi Sambisari

Harga tiket wisatawan lokal: Rp 5.000 per orang
Harga tiket wisatawan mancanegara: Rp 10.000 per orang
Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB


Tertarik ke Candi Sambisari gengs...cukup menggunakan google maps sebagai penunjuk jalan, dan dengan membayar HTM Rp 5.000 saja kamu sudah bisa menikmati peninggalan budaya kita...
Seperti biasa untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak merusak/mencoret dinding Candi apalagi menaikinya yaa gengs...yuk...traveling sambil belajar sejarah budaya bangsa....hepi traveling gengs...